Rahasia di Balik Handphone (Artikel Ilmiah)

Artikel Ilmiah

Rahasia di Balik Handphone

oleh

Nama :  Mursyal
Nis  :  12272
  Kelas :  Xii IPA 2



 Departemen Pendidikan Nasional
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungbalai
Jalan M.T.Hariyono Nomor 16
Kota Tanjungbalai
2009


--------------------------------------------------------------------------------------------------------


Artikel Ilmiah

Rahasia di Balik Handphone

oleh

Nama :  Mursyal
Nis  :  12272
  Kelas :  Xii IPA 2


Tanjungbalai, Maret 2009

                          Mengetahui
Kepala Sekolah                        Wali Kelas                        Guru Pembimbing



Drs.Kani Napitupulu                 M.Kholidi,M.pd.               Dra.Herlina Rusmaryanti
NIP 131119940                       NIP 131766694               NIP 132252756


ii
-----------------------------------------------------------------------------------------------------


Motto

“Yang lebih penting bukan bagaimana untuk berkata yang baik, tetapi bagaimana caranya untuk berbuat baik”

Enyah…
Hustt..Enyah kau nafsu busuk
Ingin bebas ku dari ikat mu
Tobatku ap’al dahulu
Hustt..Enyah kau
Raqib Atid puas sudah dosa
Sejoli ingin baik ku
Berhenti mengikuti langkahku.


Persembahan

Artikel Ilmiah ini bebas dibaca oleh siapapun, tidak tertutup buat siapa saja yang ingin mengetahui apa saja Rahasia di Balik Handphone.



iii

-------------------------------------------------------------------------------------------------------


Kata Pengantar

Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan artikel ilmiah ini.

Waktu adalah segalanya, maka sebagai manusia yang bijaksana kita harus dapat mengatur waktu itu dengan sebaik mungkin. Misalnya dalam komunikasi kita tidak perlu repot lagi untuk berbicara langsung, karena di era global sekarang ini banyak alat-alat komunikasi tercipta handphone khususnya. Sebagai pengguna alat tersebut sebaiknya mengetahui apa saja rahasia di balik handphone.

Penulis berharaf dengan adanya artikel ilmiah ini dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca.
Dalam penulisan artikel ilmiah ini, penulis banyak mengalami hambatan seperti pencarian sumber-sumber pendukung maupun sewaktu pembahasan dan pembuatannya. Namun berkat adanya dukungan dari berbagai pihak akhirnya artike ilmiah ini dapat terselesaikan. (Alhamdulillah)

Dengan selesainya artikel ilmiah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, mulai dari guru-guru pembimbing, orang tua dan teman-teman seperjuangan.
Sebagai penulis pemula menyadari akan hal kekurangan dalam pembuatan artikel ilmiah ini, oleh karena itu penulis sangat mengharafkan apresiasi berupa saran dan kritik yang membangun.

Tanjungbalai, 30 Maret 2009
Penulis

 iv

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daftar Isi

ii   Halaman Pengesahan
iii  Motto dan Persembahan
iv  Kata Pengantar
v   Daftar Isi
vi  Abstrak

  1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat

11. Rahasia di Balik Handphone
2.1 Perkembangan Handphone
2.2 Manfaat Handphone
2.3 Masalah yang disebabkan Handphone
2.3.1 Penyakit Baru yang disebabkan Handphone (2008)
2.3.2 Masalah akibat HP dari Awal Abad Milenium (2002) Sampai Sekarang
2.4 Kebiasaan Buruk Menggunakan Handphone

111. Simpul dan Saran

 Daftar Pustaka

v

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Abstrak

Sekarang ini khususnya remaja banyak yang menggunakan handphone dengan sembarang tanpa memperhatikan prosedur penggunaan ponsel dengan baik dan aman. Handphone sampai sekarang ini banyak menimbulkan masalah seperti baru-baru ini menimbulkan penyakit yang bernama “Mobile Phone Dermatis”, selain itu masalah yang lainnya ialah hubungan penggunaan ponsel dengan penyakit serius seperti kanker otak yang belum habis-habisnya dipermasalahkan oleh kalangan ilmuwan sejak awal abad millennium sampai saat ini.

Mengingat masalah diatas kita jangan khawatir karena masih ada cara yang baik dan aman dalam menggunakan ponsel agar kita tidak mengalami dampak negative yang disebabkan oleh alat komunikasi canggih tersebut.


vi

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Pengguna ponsel semakin lama semakin bertambah, tetapi banyak pengguna ponsel tersebut tidak memperhatikan keselamatan dalam menggunakannya, mereka melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan diri mereka sendiri.

Sepanjang tahun permasalahan handphone semakin banyak mulai dari penyakit yang ditimbulkannya dan isu yang berkembang dikalangan masyarakat dunia tentang hubungan handphone dengan kanker otak yang belum ada kesepakatan antara ilmuwan di dunia.


1.2    Masalah

Setiap orang yang menggunakan handphone pasti tidak ingin dibahayakan oleh alat itu. Jadi ;
  1. Penyakit apa saja yang disebabkan oleh handphone?
  2. Apa yang menyebabkan penyakit tersebut?
  3. Apa langkah yang benar dan aman dalam menggunakan handphone?
  4. Apa yang harus diketahui dalam perkembangan handphone?


1.3    Tujuan

Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa selain menguntungkan ponsel juga dapat membahayakan, juga banyak sekali masalah-masalah yang disebabkannya. Penulisan artikel ini juga bertujuan memberitahukan kepada pembaca tentang kebiasaan buruk dalam menggunakan ponsel agar para  pembaca tidak mengulangi kesalahan yang sama.


1.4    Manfaat

Penulisan artikel ilmiah ini dimaksudkan agar para pembaca sekaligus pemakai ponsel dapat bebas dari kekhawatiran dari penyakit yang membahayakan akibat handphone, dengan memberitahukan langkah-langkah yang aman dalam menggunakannya.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------

  1.  Rahasia di Balik Handphone

2.1    Perkembangan Handphone

Ponsel merupakan alat komunikasi yang juga merupakan salah satu dari penyebab lahirnya globalisasi, sesuai pendapat Janu Murdiyatmoko bahwa “Globalisasi lahir dari adanya perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya transportasi dan komunikasi.”
Handphone sepertinya bukan benda asing lagi, bahkan sebagian besar kalangan masyarakat menganggap  benda yang dulunya mewah kini telah menjadi kebutuhan dan bagian gaya hidup.

2.2    Manfaat Handphone

Dilihat dari segi efisiensi waktu dan biaya sungguh sangat menguntungkan bagi manusia. Sebagai sebagai alat komunikasi, hp juga mempunyai fungsi yang begitu banyak seperti mengirim pesan singkat secara cepat, dan bagi hp yang sudah tergolong tipe tinggi akan dapat merekam video, memotret gambar (foto), pemutar musik (mp3), dan lain sebagainya.

2.3    Masalah yang disebabkan Handphone

Masalah keamanan terhadap penggunaan hp yang ada mulai bertambah karena banyak orang yang tergantung pada alat ini untuk komunikasi harian.(Member,2008,Net)
Sebab orang-orang sangat tergantung sekali dengan alat komunikasi yang satu ini dikarenakan alat ini sangat menguntungkan sekali.

Yang menjadi permasalahan ialah pengguna jasa komunikasi ini hanya tahu menggunakan dan menikmatinya saja tanpa memperhatikan petunjuk, batasan-batasan dan dampak yang ditimbulkan oleh hp. Apabila seseorang melanggarnya maka akan merugikan dirinya sendiri.

2.3.1        Penyakit Baru yang disebabkan Handphone (2008)

Handphone adalah alat yang mudah didapat tetapi dalam penggunaan hp harus mengetahui batasan-batasan, jika seseorang ceroboh maka akan dapat merugikan dirinya sendiri meski kenyataannya memerlukan waktu yang cukup lama.
Itulah yang dirasakan masyarakat Inggris sekarang. Seperti yang diberitahukan oleh member (2008,net), yaitu beberapa lama ini dokter di Inggris dibingungkan dengan berbagai penderitaan di telinga dan di pipi para penduduk yang ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, dan merupakan tanda adanya alergi. 

Setelah lama diteliti ternyata penyakit tersebut dipicu akibat penggunaan hp yang terlalu lama, demikian laporan dari Association of  Dermatologists (Asosiasi Ahli Kulit). Kelompok tersebut menjuluki penyakit itu sebagai “Mobilephone Dermatis” akibat adanya reaksi alergi karena permukaan hp yang terbuat dari Nikel. Nikel adalah logam yang banyak ditemukan diberbagai produk, baik dari hp sampai keperhiasan dan bahkan ditemukan juga dikepala ikat pinggang, dan logam ini sangat sering menimbulkan radang pada kulit akibat kontak, demikian penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic di Amerika. Jadi, secara teori bahkan radang ini dapat terjadi di jari kita jika anda semakin lama bersentuhan dengan tombol menu dari logam.

2.3.2        Masalah akibat HP dari Awal Abad Milenium (2002) Sampai Sekarang

Masalah keamanan terhadap penggunaan hp yang ada mulai bertambah karena semakin banyaknya orang yang ketergantungan dengan alat ini, walaupun bukti yang ada belakangan menunjukkan bahwa sebenarnya alat ini tidak bias dikaitkan dengan berbagai penyakit serius seperti kanker otak.(member,2008,net)

Menurut penulis ada baiknya para ilmuwan dan para dokter memberikan perhatian khusus terhadap masalah yang disebabkan oleh hp ini, karena masalah ini berlarut-larut belum adanya kesepakatan antara para ilmuwan. Bayangkan sejak tahun 2002 masalah yang ditimbulkan oleh hp masih menimbulkan perselisahan antara penelitian yang satu dengan yang lain yaitu penelitian dengan sample dan waktu yang cukup lama untuk membuktikan adanya pengaruh radiasi dari handphone dengan penyakit tumor otak tersebut.
Seperti yang diberitahukan Dr.S.Metta Yani Subaidah (femina,2002) bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kalau masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan penggunaan ponsel dengan kanker otak. Walaupun banyak penelitian-penelitian  yang telah dilakukan untuk membuktikan benarkah radiasi ponsel ini dapat meningkatkan resiko terkena kanker atau tumor otak, tetapi ada juga sebagian kalangan ilmuwan menolak hasil penelitian tersebut.


2.4    Kebiasaan Buruk Menggunakan Handphone

Sebagian kalangan masyarakat menggunakan hp dengan sembarangan, khususnya para remaja. Mereka menggunakan ponsel sebagai alat pelengkap gaya hidup, sehingga mereka menggunakan hp sebagai assecoris dalam penampilan mereka dan melakukan suatu kebiasaan buruk yang sudah menjadi tradisi dikalangan remaja, tetapi mereka tidak menghiraukan dan tidak mengetahui dampak dari penggunaan hp menurut gaya hidup mereka.

Adapun kebiasaan-kebiasaan buruk dalam menggunakan handphone adalah sebagai berikut;
1. Menggantungkan hp di leher atau pinggang.
Bagi mereka yang arrhythmia (tidak ada irama jantung), fungsi jantung tidak sempurna sebaiknya tidak menggantungkan hp di dada. Jika hp sering digantung dibagian pinggang atau sisi perut mungkin akan mempengaruhi fungsi kesuburan. Cara yang lebih aman dan sehat adalah menyimpannya didalam tas yang dibawa serta.

2. Menempelkan hp di telinga ketika menelepon. Ketika menelepon dan belum tersambung, radiasi akan bertambah kuat, maka sebaiknya jauhkan hp dari bagian kepala, selang 5 detik kemudian baru dihubungi kembali.

3. Sinyal hp semakin lemah, jika menempel ditelinga. Berdasarkan prinsip kerja handphone, dalam keadaan sinyal yang agak lemah, handphone akan meningkatkan daya luncur gelombang elektromagnetnya secara otomatis, sehingga itensitas radiasi semakin kuat. Dengan menempelkan di telinga, maka radiasi akan dialami bagian kepala akan berllipat ganda.

4. Percakapan handphone terlalu lama . Ahli menyarankan tidak baik berhubungan telepon terlalu lama, jika demikian bisa mepertimbangkan memakai telepon tetap atau memakai alat pendengar, jika terpaksa berhubungan dalam waktu yang lama juga harus mendengar secara bergantian dari kiri dan kanan telinga setiap 1-2 menit sekali.

5. Sembunyi di sudut tembok dan berbisik-bisik menerima telepon rahasia.
Dengan bersembunyi di sudut bangunan, dalam kondisi umum, penutup sinyal di sudut bangunan tidak begitu baik, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan daya radiasi handphone dalam sudut tertentu bertambah besar.


6. Mondar-mandir, selalu bergerak. Sejumlah orang tanpa sadar suka berjalan perlahan ketika menelepon, selalu bergerak kesana kemari, namun tidak sadar kalau menggerakkan posisi dapat menyebabkan ketidakstabilan sinyal yang diterima, dengan demikian menyebabkan terjadinya luncuran daya tinggi dalam waktu singkat yang tidak diperlukan.

Selain itu, 8 tipe orang berikut ini sebaiknya kurangi memakai handphone, yaitu;
-Penderita epilepsy
-Lemah saraf parah
-Katarak
-Diabetes
-Wanita hamil
-Serta bagi wanita menyusui
-Anak-anak dan remaja serta orang tua lebih dari 60 tahun.(net)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------


111.  Simpul dan Saran


Selain menguntungkan handphone juga dapat merugikan jika penggunanya menggunakannya dengan sembarang tanpa batasan atau tidak sesuai dengan prosedurnya. Adapun masalah yang ditimbulkannya berupa penyakit yang unik.

Disarankan kepada pembaca menggunakan handphone itu secara baik dan benar supaya tidak berdampak bagi kesehatan kita. Dan kepada pembaca yang termasuk salah satu pengguna hp yang melakukan kebiasaan buruk, hendaknya tidak mengulangi kebiasaan salah tersebut, karena tidak ada salahnya kita waspada dalam keselamatan diri masing-masing.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------



Daftar Pustaka

Femina.Edisi 14-20 Maret 2002

Member.25 Oktober 2008. Penyakit Baru yang disebabkan Handphone.(google)

08 oktober 2008. 6 Kebiasaan Buruk dalam Menggunakan Handphone.(google)



-------------------------------------------------------------------------------------------------------


Artikel ini sebenarnya adalah tugas akhir saya pada pelajaran bahasa Indonesia (2009, di SMAN.1 Tanjungbalai), setiap siswa kelas 3 diwajibkan membuat karya ilmiah, dan inilah karya ilmiah perdana yang saya buat. Adapun tujuan artikel ini ditulis lagi (berupa blog) supaya hasil karya ini tidak hilang. Alasan lain ialah saya melihat dan memperhatikan masalah yang ditimbulkan handphone ini belum tuntas sampai sekarang (Pengaruh radiasi ponsel dengan kanker otak), dan merupakan rasa kekhawatiran saya kepada orang sekitar terhadap kebiasaan buruk dalam penggunaan ponselnya.

WASSALAM..!



Comments

Popular posts from this blog

Peringatan Maulid yang Sederhana tapi Mengesankan.

LASKAR HIKARI TANJUNGBALAI

The Most Inspire