Berilmu Sebelum Bicara

Berilmu Sebelum Bicara
Oleh Ustadz Ismail Effendi Sitorus (UIS)


Lebih baik diam daripada bicara, katakan tidak tahu jika belum benar-benar mengerti suatu perkara apalagi memperdebatkannya.
Bahkan dalam kisah Imam Malik yang ilmu agamanya tidak diragukan lagi tak malu dan begitu tawadhu’nya beliau mengatakan “Laa Adry” (Saya tidak tahu)  karena hanya bisa menjawab 4 dari 40 pertanyaan yang disuguhkan oleh tamunya.

Awas bahayanya bicara tanpa berilmu itu bisa tersesat dan menyesatkan oranglain, hingga dosa orang yang dia sesatkan terus mengalir.

“Dan janganlah kau berdiri (berbicara) pada sesuatu yang kau tidak ketahui” (QS Al-Isro 36)


Masjid Taqwa Tanjungbalai (24/9/2019)

Terkadang orang awam berfikiran lebih baik tidak mengetahui ilmu agama dengan maksud agar terlepas dari dosa karena tidak mengamalkannya. Sungguh cara pandang ini sangat keliru dan salah kaprah, Islam mewajibkan kita menuntut ilmu. Ilmu bak Cahaya, juga Ilmu itu dibutuhkan setiap saat. Ketahuilah bahwa salah satu dari 4 pertanyaan di Padang Mashar nanti adalah perihal ilmu.

Di Zaman sudah modern ini Masjid dan Kajian para Ustadz sudah dimana-mana, bahkan Internet bisa mengakses ilmu tanpa batas, jadi tak ada alasan untuk tidak menuntut ilmu kecuali memang tinggal dihutan atau jauh dengan peradaban.

Comments

Popular posts from this blog

Peringatan Maulid yang Sederhana tapi Mengesankan.

Bacaan Bilal Ramadhan